Yuk intip perbandingan genteng tanah liat dan genteng baja ringan

genteng baja ringan

Untuk anda yang awam dalam dunia konstruksi bangunan pastilah bingung kenapa atap rumah mempunyai berbagai jenis dan model. Pasti anda sering melihat bangunan yang mempunyai atap yang terbuat dari berbagai bahan, nah simak ulasannya mengenai perbandingan genteng tanah liat dan genteng baja ringan agar anda bisa menentukan atap rumah yang cocok untuk anda.

Perbandingan Genteng Tanah liat

  1. Bahan  Dasar genteng

Bahan yang digunakan untuk membuat genting ini terbuat dari tanah liat dan harus melakukan beberapa tahap agar mendapatkan genteng tanah liat dengan kualitas baik. Tidak hanya bahannya genteng ini juga memiliki beberapa jenis bahan dasarnya, ada yang terbuat dari beton, tanah, keramik jadi genting tidak harus terbuat dari tanah liat, anda masih bisa menjumpai banyak rumah yang masih menggunakan genteng dari tanah liat, contohnya di jawa tengah, masyarakatnya masih suka menggunakan genteng tanah liat dari pada genteng dari baja ringan.

  1. Harga jauh lebih mahal

Untuk anda yang ingin menggunakan atap genting dari tanah liat anda harus mempunyai anggaran yang tidak sedikit untuk membeli jenis genting ini, faktor yang mempengaruhi mahalnya genteng tanah liat ini karena proses pembuatannya yang panjang dan penuh kesabaran, tidak hanya prosesnya yang panjang tapi sulitnya mencari genting tanah liat, karena tidak semua toko bangunan menjual genteng dari tanah liat ini.

  1. Berat dan membutuhkan banyak penyangga

Untuk menjadikan genteng tanah liat sebagai atap anda juga harus menyiapkan banyak penyangga yang terbuat dari kayu untuk menopang genteng. Maksimal jarak penyangga bisa berjarak 30 cm agar genteng terlihat rapi dan terhindar dari bocor.

Perbandingan Genteng Baja Ringan

  1. Ringan

Alasan mengapa genteng baja ringan ini mempunyai peminat yang cukup banyak adalah bahanya yang ringan memudahkan untuk pemasangan atap, jadi rumah akan cepat selesai proses pembangunannya dibanding menggunakan genteng tanah liat yang tergolong ribet untuk proses pemasangannya.

  1. Daya Tahan

Menggunakan genteng baja ringan ini mempunyai banyak keuntungan salah satunya barangnya yang ringan dan tidak mudah pecah, menghindarkan kita dari kerugian bisa dibandingkan jika genteng yang terbuat tanah liat akan mudah pecah jika tidak hati-hati pada proses pemasangannya hal ini akan membuat kerugian untuk anda.

  1. Harga Lebih Murah

Tidak bisa dipungkiri jika harga genteng baja ringan jauh lebih murah daripada harga genteng tanah liat, genteng baja ringan juga mudah ditemukan di toko-toko bangunan, jadi anda tidak perlu pusing untuk membeli genteng jenis ini.

  1. Ringan dan Tidak Membutuhkan Banyak Penyangga

Seperti yang anda tahu jika genteng baja ringan ini berbentuk lembaran, hal ini menyebabkan baja ringan jauh lebih ringan dibandingkan dengan genting tanah liat. Selain itu dengan menggunakan genteng baja ringan anda juga tidak memerlukan kayu sebagai tiang penyangganya, karena genteng baja ringan juga sudah menyediakan tiang penyangga yang terbuat dari baja. Demikianlah ulasan mengenai perbandingan genting dari tanah liat dan genteng baja ringan semoga dapat bermanfaat.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top